Manggis Muda (Manggih Mudo)

Jika kita bepergian melewati Padang-Bukittingi dengan menggunakan bus, sering ditemui ibu-ibu yang menjajakan aneka makanan tradisional, terutama di daerah Sicincin.
Nah, ada yang unik nih, manggis muda (dalam bahasa Minang dikenal dengan manggih mudo). Buah ini memang belum sefavorit versi matangnya, tapi rasanya khas, daging buahnya padat dan manis, ada rasa asemnya, bahkan bijinyapun bisa dimakan, karena masih lunak; untuk membuka kulitnya saja butuh perjuangan 😀 karena keras dan banyak getah, membukanya harus menggunakn alat seperti pisau. Berbeda dengan versi matangnya dengan daging yang lebih lunak, lebih manis, tapi bijinya tidak bisa dimakan; mudah dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan.
Tapi tenang, yang dijual ini udah dalam versi jadi. Kita tidak perlu repot mengupas dan sibuk membersihkan getah yang sulit dihilangkan, cukup dengan membelinya saja. Satu tusuk berisi 4 manggis dibeli seharga Rp 5.000,-. Tapi, kalau beli 3, harganya lebih ekonomis, Rp 10.000,-. Cocok banget dicemil selama perjalanan ataupun buat oleh-oleh 😉

Advertisements

Posted by

NoMaD (60% Sanguin + 25% Koleris + 10% Melankolis+ 5% Plegmatis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.